Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN Lab UIN Yogyakarta
Mata Pelajaran : Quran Hadis
Kelas / Semester :
X
(Sepuluh) / Ganjil
Materi Pokok :
Al-Quran Kitab-ku
Sub Materi : Pengertian al-Quran menurut para ulama’
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan (2 x 45
menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, tolean, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai masalah dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknolog,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.2. Meyakini al-Quran sebagai pedoman hidup
|
|
2
|
2.1. Menunjukkan sikap yang berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran al-Quran
|
|
3
|
3.1. Memahami
pengertian al-Quran menurut para ulama’
|
1. Menjelaskan nama-nama al-Quran
2. Menjelaskan sifat-sifat al-Quran
3. Menjelaskan definisi al-Quran menurut para ulama’
|
4
|
4.1. Menyajikan pengertian al-Quran yang disampaikan para ulama
|
C. Materi
Pembelajaran (Terlampir)
1. Pengertian
al-Quran
2. Pengertian kata al-Quran menurut para ulama’
3. Definisi al-Quran menurut para ulama’
D. Metode
dan Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan
Scientific
2. Metode membaca
keras (reading alaud)
3. Metode
diskusi dan tanya jawab (interactive lecturing)
4. Card Short
E. Media
Pembelajaran
1. Laptop
dan LCD
F. Sumber
Belajar
1. Buku
pegangan siswa kelas X semester ganjil
2. Modul HIKMAH Quran Hadis kelas X semester ganjil
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Siswa menjawab salam guru
b. Siswa mendengarkan motivasi dari guru
c. Siswa dan guru bersama-sama mengingat tentang
pembelajaran kemarin
d. Siswa menjawab
pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pelajaran
e.
Siswa mendengar penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
al-Quran
·
Siswa mengamati kartu yang diberikan guru yang berisi nama-nama para
ulama’
b.
Menanya
·
Siswa
dibimbing guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi yang dipelajari
c.
Eksperimen/ Explore
·
Secara
bergiliran siswa yang memiliki kemampuan membaca al-Quran membaca ayat yang
diminta guru
·
Siswa mencari teman yang sama dengan kartu yang dimiliknya
d.
Mengasosiasi
·
Siswa mengidentifikasi
definisi al-Quran
e.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menjelaskan kembali materi tentang al-Quran menurut para ulama’
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
a. Secara bersama siswa dan guru menyusun kesimpulan pembelajaran
b. Siswa mendengarkan umpan balik yang diberikan oleh guru atas proses dan hasil
pembelajaran
c. Siswa mendengarkan
penyampaian materi yang akan diajarkan pada pertemuan mendatang dari guru
d.
Siswa berdoa menutup kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik:
Non Tes
2. Bentuk:
a.
Pengamatan
3. Instrumen
a.
Proses pembelajaran:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Rata-rata
|
||
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung Jawab
|
|||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|
Yogyakarta, 5 Agustus 2015
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar