Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester :
IX (Sembilan) / Genap
Materi Pokok :
Bentuk Seni Budaya Lokal
Sub Materi : Wayang
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan (1 x 15 menit)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai yang dipelajarinya di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/ teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Meyakini bentuk seni budaya lokal (wayang, kasidah dan
hadroh)
|
|
2
|
2.1 Menghargai tradisi dan upacara adat
kesukuan di Nusantara
|
|
3
|
3.1 Memahami bentuk seni budaya lokal (wayang, kasidah
dan hadroh)
|
1. Menjelaskan sejarah seni budaya lokal (wayang)
2. Menjelaskan unsur-unsur seni budaya lokal (wayang)
|
4
|
4.1 Menunjukan contoh bentuk seni budaya lokal (wayang, kasidah dan
hadroh)
|
1. Mempraktikkan bentuk seni budaya lokal (wayang)
dari karakteristik tokoh wayang
|
C. Materi Pembelajaran (Terlampir)
- Sejarah seni budaya lokal wayang
- Unsur-unsur seni budaya lokal wayang
- Pendekatan Scientific
- Metode ceramah dan tanya jawab
- Metode diskusi dan demonstrasi
- Media pembelajaran: laptop, LCD dan sound system
- Sumber belajar: buku pegangan siswa kelas IX semester genap
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Siswa
menjawab salam guru
b.
Siswa
membaca doa bersama
c.
Siswa dan
guru bersama-sama mengingat tentang pembelajaran kemarin
d.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru berkaitan
dengan materi
pelajaran
e.
Siswa mendengar penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
3 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai bentuk seni budaya lokal (wayang)
·
Siswa mengamati video yang ditampilkan
guru mengenai materi pembelajaran
·
Siswa mengamati wayang secara fisik
b.
Menanya
·
Siswa
dibimbing guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi yang dipelajari
c.
Eksperimen
·
Dengan
arahan dari guru, siswa
d.
Mengasosiasi
·
Siswa
secara berkelompok berdiskusi tentang materi dan karakteristik wayang yang dijelaskan guru
e.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan pengalaman tentang seni budaya
lokal (wayang)
·
Salah
satu atau dua siswa menampilkan/ mempraktikan salah satu karakteristik tokoh wayang
|
10 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Guru
memberikan apresiasi kepada para siswa
b.
Guru
menyampaikan materi yang akan diajarkan pertemuan mendatang
c.
Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
d.
Siswa
berdoa menutup kegiatan pembelajaran
|
2 menit
|
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1.
Aspek Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes tulis
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Menjelaskan sejarah
seni budaya lokal (wayang)
|
Jelaskan sejarah seni budaya lokal wayang!
|
|
Menjelaskan
unsur-unsur seni budaya lokal (wayang)
|
Jelaskan unsur-unsur
seni budaya lokal wayang!
|
Instrumen: Terlampir
|
Yogyakarta, 20 Maret 2015
|
||||
Baca Juga: Materi dan Instrumennya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar