RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Al Quran
Tema : Wawasan Integrative Dalam Kehidupan Dan Pendidikan
Subtema : QS. Al Qashash :77
Kelas/ Semester : XI (Sebelas)/1
(Ganjil)
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran (45
Menit)
A. Materi
Pokok
Memahami kandungan QS Al Qashash : 77
B. Standar Kompetensi
Mengetahui kandungan QS Al Qashash :
77
C. Kompetensi
Dasar
Memahami Kandungan QS Al Qashash : 77
D. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
dapat membacakan QS Al Qashash ayat 77 dengan baik dan benar
2. Siswa dapat menterjemahkan QS Al Qashash ayat 77 dengan baik dan
benar
3. Siswa dapat
menyebutkan kandungan QS Al Qashash ayat 77
4. Siswa dapat menyebutkan
hukum tajwid yang terkandung dalam QS Al Qashash ayat 77
5. Siswa dapat menyebutkan
hikmah yang terkandung dalam QS Al Qashash ayat 77
E. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengetahui bunyi QS Al Qashash ayat 77
2. Siswa dapat mengetahui terjemah QS Al Qashash ayat 77
3. Siswa dapat memahami kandungan QS Al Qashash ayat 77
4. Siswa dapat memahami
hukum tajwid yang terkandung dalam QS Al Qashash ayat 77
5. Siswa dapat mengetahui
hikmah yang terkandung dalam QS Al Qashash ayat 77
F.
Metode dan Strategi Pembelajaran
1. Metode : ceramah interaktif, Tanya jawab
2. Strategi : sort card
G. Materi
Pembelajaran
QS Al Qashash ayat 77 :
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
dan carilah pada apa yang telah
dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu
melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada
orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu
berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang
yang berbuat kerusakan.
H.
Media Pembelajaran
1.
Hand out materi pelajaran
2.
Karton
3.
spidol
I.
Sumber Belajar
1.
Buku
Dr. Mahmud arief “menyelami makna
kewahyuan kitab suci” Yogyakarta :idea press, 2009
2.
Al Quran dan terjemahnya
3.
Terjemah Tafsir Al Maraghi Oleh Ahmad
Mustafa Al Maraghi
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Pelajaran dibuka
oleh pendidik, kemudian salah satu peserta didik diminta untuk memimpin
berdoa sebelum pelajaran dimulai.
b. Peserta didik
diabsen, ditanya mengenai kehadiran dan diminta untuk merapikan tempat duduk
serta pakaian supaya selama pembelajaran dapat berlangsung secara nyaman dan
tenang.
c. Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan
dengan tema
Wawasan Integrative Dalam
Kehidupan Dan Pendidikan
d. Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran
dari awal hingga akhir, hanya sekilas untuk gambaran peserta didik.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Pengajar menentukan topik mengenai Wawasan Integrative Dalam Kehidupan Dan Pendidikan
b. Siswa mengatur tempat duduk berbentuk lingkaran
menjadi 2 kelompok
c. Siswa mendengarkan bacaan QS Al
Qashash ayat 77
d. Siswa membacakan QS Al
Qashash ayat 77
e. Siswa membacakan terjemah QS Al
Qashash ayat 77
f. Siswa memperhatikan penjelassan kandunganQS Al Qashash ayat 77
g. Siswa mnyebutkan hukum tajwied yang tekandung dalam QS Al Qashash ayat 77
h. Siswa mendapatkan potongan ayat QS Al
Qashash ayat 77 untuk difahami
i.
Siswa mendiskusikan
kandungan QS Al
Qashash ayat 77
j.
Siswa berlomba dengan
kelompok lain untuk menuliskan QS Al Qashash
ayat 77 di karton yang sudah
disediakan secara bergantian.
k. Siswa berlomba menemukan hukum jadwid yang terkandung dalam QS Al Qashash ayat 77 sebanyak mungkin
l.
Siswa yang menemukan hukum
tajwid paling banyak mendapatkan hadiah dari pengajar.
m. Siswa menyebutkan hikmah yang terkandung dalam QS Al Qashash ayat 77.
|
30 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menyaimpaikan apa yang mereka pahami dari materi yang dipelajari.
b. Menyampaikan rasa terimakasih kepada siswa yang telah aktif
berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas, baik secara
individu maupun kelompok bagi peserta didik.
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
||||
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
||||
3
|
Keaktifan
|
||||
4
|
Kesantunan
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 =
Baik
2 = Sedang 1 =
Kurang baik
Rentang Skor = Skor Maksimal –
Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK = 14 - 16
MB =
11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 -
6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila
peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya
sesuai dengan kebutuhan peserta didik
Mengetahui,
Kepala sekolah SMA
Nim:
|
Yogyakarta, 09 Desember
2013
Guru Mata Pelajaran
Hadits
Nim :
|
Baca Juga: Materinya dan Penjelasannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar