RPP Kelas X [Quran Hadis] (Al-Quran Kitab ku) - Kumpulan2 Makalah PAI

Latest

Sebuah kumpulan-kumpulan makalah PAI


BANNER 728X90

Jumat, 19 Februari 2016

RPP Kelas X [Quran Hadis] (Al-Quran Kitab ku)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan             : MAN Lab UIN Yogyakarta
Mata Pelajaran                   : Quran Hadis
Kelas / Semester                 : X (Sepuluh) / Ganjil
Materi Pokok                      : Al-Quran Kitab-ku
Sub Materi                          : Pengertian al-Quran menurut para ulama’
Alokasi Waktu                    : 1 Pertemuan (2 x 45 menit)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, tolean, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai masalah dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknolog, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.2. Meyakini  al-Quran sebagai pedoman hidup

2
2.1. Menunjukkan sikap yang berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran al-Quran

3
3.1. Memahami pengertian al-Quran menurut para ulama’
1. Menjelaskan nama-nama  al-Quran
2. Menjelaskan sifat-sifat al-Quran
3. Menjelaskan definisi al-Quran menurut para ulama’
4
4.1. Menyajikan pengertian al-Quran yang disampaikan para ulama



C.    Materi Pembelajaran (Terlampir)
1.      Pengertian al-Quran
2.      Pengertian kata al-Quran menurut para ulama’
3.      Definisi al-Quran menurut para ulama’

D.    Metode dan Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan Scientific
2.      Metode membaca keras (reading alaud)
3.      Metode diskusi dan tanya jawab (interactive lecturing)
4.      Card Short

E.     Media Pembelajaran
1.      Laptop dan LCD

F.     Sumber Belajar
1.      Buku pegangan siswa kelas X semester ganjil
2.      Modul HIKMAH Quran Hadis kelas X semester ganjil

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Siswa menjawab salam guru
b.      Siswa mendengarkan motivasi dari guru
c.       Siswa dan guru bersama-sama mengingat tentang pembelajaran kemarin
d.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru berkaitan dengan  materi pelajaran
e.       Siswa mendengar penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai al-Quran
·      Siswa mengamati kartu yang diberikan guru yang berisi nama-nama para ulama’
b.      Menanya
·           Siswa dibimbing guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi yang dipelajari
c.       Eksperimen/ Explore
·           Secara bergiliran siswa yang memiliki kemampuan membaca al-Quran membaca ayat yang diminta guru
·           Siswa mencari teman yang sama dengan kartu yang dimiliknya
d.      Mengasosiasi
·           Siswa mengidentifikasi definisi al-Quran
e.       Mengkomunikasikan
·              Siswa menjelaskan kembali materi tentang al-Quran menurut para ulama’

70 menit
3.
Penutup
a.       Secara bersama siswa dan guru menyusun kesimpulan pembelajaran
b.      Siswa mendengarkan umpan balik yang diberikan oleh guru atas proses dan hasil pembelajaran

c.       Siswa mendengarkan penyampaian materi yang akan diajarkan pada pertemuan mendatang dari guru
d.      Siswa berdoa menutup kegiatan pembelajaran

10 menit

H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Teknik: Non Tes
2.      Bentuk:
                                     a.      Pengamatan
3.      Instrumen
a.       Proses pembelajaran:
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Rata-rata
Perhatian
Keaktifan
Tanggung Jawab

  1.  






  1.  






  1.  






  1.  






Mengetahui,
Guru Pembimbing



M. Luthfi Firmansyah, S.Pd.I, M.A.
NIP. 19790326 200710 1 004
 

Yogyakarta, 5 Agustus 2015

Praktikan



Muhammad Mustofa
NIM. 12410208
 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar