RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MA Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester :
X (Sepuluh) / Genap
Materi Pokok :
Asmaul Husna
Sub Materi : Al-Wakil dan
Al-’Adl
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan
(1 x 15 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.2 Menghayati nilai-nilai yang
terkandung dalam asmaul husna: Al-Wakiil
dan Al-’Adl
|
|
2
|
3.2 Menganalisis makna asmaul husna: Al-Wakiil dan
Al-’Adl
|
1.
Menjelaskan makna Al-Wakiil dan Al-’Adl
2. Menjelaskan Implementasi Al-Wakiil dan Al-’Adl dalam kehidupan sehari-hari
|
3
|
4.2
Membiasakan diri untuk meneladani sifat Al-Wakiil dan Al-’Adl
|
1. Mempraktikkan
perilaku tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman makna asmaul husna: Al-Wakiil dan
Al-’Adl
2. Menunjukkan
contoh perilaku yang mencerminkan tawakal dan adil seperti terkandung dalam asmaul husna: Al-Wakiil dan
Al-’Adl
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui Metode Card Short dan Modeling The Way peserta didik dapat:
1.
Memahami makna Al-Wakiil dan Al-’Adl
2.
Membiasakan
perilaku yang mencerminkan tawakal dan adil seperti terkandung dalam Asmaul Husna Al-Wakiil dan Al-’Adl
D.
Materi Pembelajaran (Terlampir)
1.
Pengertian Al-Wakiil dan Al-’Adl
2.
Implementasi dari
makna Al-Wakiil dan Al-’Adl
3.
Contoh tawakal dan
adil
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Scientific
2.
Card Short
3.
Modeling The Way
4.
Metode diskusi dan demontrasi
F.
Media Pembelajaran
Hand Out
Card
Alat tulis (spidol)
G.
Sumber Belajar
Al-Qur’an dan terjemahannya, Depag RI: 1. QS. An-Nisa’:
132
2. QS.
Ali Imran: 173
3.
QS. An-Nahl: 90
4.
QS. Hud:123
Buku paket Akidah Akhlak kelas X MA
semester genap
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Siswa menjawab salam guru
b.
Siswa membaca doa bersama
c.
Siswa dan guru bersama-sama mengingat tentang
pembelajaran yang sudah lalu
d.
Siswa menjawab pertanyaan pre test dari guru
e.
Siswa mendengar penjelasan guru mengenai kompetensi
dasar yang akan dicapai
|
3 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
· Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai asmaul
husna: Al-Wakiil dan Al-’Adl
· Siswa
mengamati dan menyimak penjelasan materi di atas melalui hand out
· Siswa mengamati teknis model pembelajaran Card Short
yang disampaikan guru
b.
Menanya
·
Siswa dibimbing guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan
tawakal dan adil sebagai implementasi makna asmaul husna: Al-Wakiil dan Al-’Adl
c.
Eksperimen/ Mencoba
·
Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan
materi yang dipelajari
d.
Asosiasi/ Mengolah Informasi
·
Siswa berdiskusi dengan kelompok berkategori sama
·
Siswa dengan
kategori yang sama mempresentasikan kategori masing-masing di depan kelas
e.
Komunikasi
·
Siswa membacakan
secara keras-keras apa yang didiskusikan
·
Siswa menampilkan/ mempraktikkan perilaku tawakal dan adil sebagai
implementasi pemahaman makna asmaul
husna: Al-Wakiil dan Al-’Adl
|
10 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Guru memberikan apresiasi kepada para siswa
b.
Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan
pertemuan mendatang.
c.
Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
d.
Siswa berdoa menutup kegiatan pembelajaran
|
2 menit
|
I.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan
hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1.
Aspek Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes tulis
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Menjelaskan makna Al-Wakiil dan Al-’Adl
|
Jelaskan makna Al-Wakiil
|
|
Menjelaskan makna Al-Wakiil dan Al-’Adl
|
Jelaskan makna Al-‘Adl
|
|
Menjelaskan
Implementasi Al-Wakiil dan Al-’Adl dalam
kehidupan sehari-hari
|
Jelaskan implementasi dari Al-Wakiil
dan Al-’Adl dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Menjelaskan
Implementasi Al-Wakiil dan Al-’Adl dalam
kehidupan sehari-hari
|
Berikan contoh dari sifat tawakal
|
|
Menjelaskan
Implementasi Al-Wakiil dan Al-’Adl dalam
kehidupan sehari-hari
|
Berikan contoh dari sifat adil
|
Instrumen: Terlampir
2.
Aspek Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Performance
b. Bentuk Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mencontohkan perilaku yang
mencerminkan keteladanan dari sifat asmaul
husna: Al-Wakiil
|
Terlampir
|
|
Dapat mencontohkan perilaku yang
mencerminkan keteladanan dari sifat asmaul
husna: Al-‘Adl
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
|
Yogyakarta, 1
Maret 2015
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar