RPP Kelas IX [SKI] (Wayang) - Kumpulan2 Makalah PAI

Latest

Sebuah kumpulan-kumpulan makalah PAI


BANNER 728X90

Jumat, 19 Februari 2016

RPP Kelas IX [SKI] (Wayang)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan             : MTs Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran                   : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester                 : IX (Sembilan) / Genap
Materi Pokok                      : Bentuk Seni Budaya Lokal
Sub Materi                          : Wayang
Alokasi Waktu                    : 1 Pertemuan (1 x 15 menit)

Sumber Gambar: www.gurusd.net


A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai yang dipelajarinya di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/ teori

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Meyakini bentuk seni budaya lokal (wayang, kasidah dan hadroh)

2
2.1 Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara

3
3.1 Memahami bentuk seni budaya lokal (wayang, kasidah dan hadroh)
1. Menjelaskan sejarah seni budaya lokal (wayang)
2. Menjelaskan unsur-unsur seni budaya lokal (wayang)
4
4.1 Menunjukan contoh bentuk seni budaya lokal (wayang, kasidah dan hadroh)
1. Mempraktikkan bentuk seni budaya lokal (wayang) dari karakteristik tokoh wayang


C. Materi Pembelajaran (Terlampir)
  1. Sejarah seni budaya lokal wayang
  2. Unsur-unsur seni budaya lokal wayang
D. Metode dan Strategi Pembelajaran
  1. Pendekatan Scientific
  2. Metode ceramah dan tanya jawab
  3. Metode diskusi dan demonstrasi
E. Media dan Sumber Belajar
  1. Media pembelajaran: laptop, LCD dan sound system
  2. Sumber belajar: buku pegangan siswa kelas IX semester genap
F. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Siswa menjawab salam guru
b.      Siswa membaca doa bersama
c.       Siswa dan guru bersama-sama mengingat tentang pembelajaran kemarin
d.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru berkaitan dengan  materi pelajaran
e.       Siswa mendengar penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai



3 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai bentuk seni budaya lokal (wayang)
·      Siswa mengamati video yang ditampilkan guru mengenai materi pembelajaran
·      Siswa mengamati wayang secara fisik
b.      Menanya
·           Siswa dibimbing guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi yang dipelajari
c.       Eksperimen
·           Dengan arahan dari guru, siswa
d.      Mengasosiasi
·           Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang materi dan karakteristik wayang yang dijelaskan guru
e.       Mengkomunikasikan
·              Siswa menceritakan pengalaman tentang seni budaya lokal (wayang)
·              Salah satu atau dua siswa menampilkan/ mempraktikan salah satu karakteristik tokoh wayang

10 menit
3.
Penutup
a.    Guru memberikan apresiasi kepada para siswa
b.    Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan pertemuan mendatang
c.    Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
d.   Siswa berdoa menutup kegiatan pembelajaran

2 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1.      Aspek Pengetahuan
                                   a.     Teknik Penilaian           : Tes Tulis
                                   b.     Bentuk Instrumen         : Lembar penilaian tes tulis
                                   c.     Kisi-kisi            :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Menjelaskan sejarah seni budaya lokal (wayang)
Jelaskan sejarah seni budaya lokal wayang!

  1.  
Menjelaskan unsur-unsur seni budaya lokal (wayang)
Jelaskan unsur-unsur seni budaya lokal wayang!

Instrumen: Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTs Sunan Kalijaga



...............................................
NIP. ......................................
 

Yogyakarta, 20 Maret 2015

Guru Mata Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam


.................................................
NIP. ........................................
 
Baca Juga: Materi dan Instrumennya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar